Senin, 19 Agustus 2013

kalau ini mah tugas Bapak Usman :v

LAPORAN WIDYAWISATA
Jakarta-Bandung

By: desy widya ningrum (06)
VIII-A (2011/2012)

SMP NEGERI 1 LASEM
Jl. Sultan Agung No.1 Telp.(0295)531060 Lasem.
Laporan Kegiatan Widyawisata
(Jakarta-Bandung)

Widya wisata adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan sekolah kami. Pada saat giliran tahun pelajaran kami, kami memilih ke kota Jakarta-Bandung dengan objek wisata di IPTEK Jakarta, Dufan, Museum Geologi, Cibaduyut (pasar baru), dan Tangkuban Perahu.
Kami memilih berwisata ke kota Jakarta-Bandung karena Kami ingin mengatahui tentang objek-objek yang bersejarah di kota Jakarta-Bandung juga Untuk berlibur
Widyawisata dilaksanakan pada tanggal 2-5 April 2012. Widyawisata dilaksanakan oleh siswa kelas 8, dengan jumlah kelas ada 8 kelas dan jumlah bus ada 4 bus. Setiap bus ditempati  2 kelas.

Kumpul di SMP N 1 Lasem pada pukul 13.00 WIB. kita kumpul untuk dikasih tahu tentang pembagian bus dan pembagian pembimbing. Dan berangkat dari SMP N 1 Lasem pukul 14.00 WIB.
 Kita berhenti  di Rumah makan Salsabil pada pukul sekitar jam 18.00 WIB untuk melaksanakan  sholat Magrib dijama’ dengan Isya’ dan makan malam. Lalu kita melanjutkan perjalanan lagi.
Diperjalanan anak-anak disuruh tidur karena sudah malam. Kita sampai di Jakarta sekitar pukul 03.30 WIB, dan sampai di Asrama Haji Pondok Gedhe pada pukul 04.00 WIB.
Ketika mau berangkat menuju objek wisata yang pertama, kita foto-foto bareng dulu untuk kenang-kenangan disaat kita pisah di kelas 9. Kita foto tiap per kelas dan pada memakai kaos kelas yang sebelum widyawisata sudah jadi. Jadi kita kelihatan kompak dan serasi.
Objek yang pertama kita kunjungi yaitu di IPTEK Jakarta. Kita berangkat pada pukul 07.00 WIB. Disana kita bisa menemukan berbagai wahana antara lain: antariksa, lingkungan, energi, fluida, gelombang, listrik dan magnet, mekanika, optic, transportasi darat, transportasi udara, arena peneliti cilik, matematika, penyakit dan kesehatan, galeri Plato.
Lalu kita menuju ke objek yang ke dua yaitu ke TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Kita disana pertama menuju ke Gelanggang Samudra, kita melihat pertunjukan tupai,beruang,dan kudanil.

Kita juga di Gelanggang Samudra melihat pertunjukan Scorpion Pirates.disana sebelum dimulai acaranya suasananya sangat panas. Pertunjukan itu dimainkan oleh pemain-pemain yang handal. Jika melihat kita harus berada di atas karena jika kita dibawah nanti kita terkena air dan baju kita basah.
 Kita disana menuju ke dufan (dunia fantasi). Kita ke Dufan pada pukul 15.00 WIB dan diberi waktu sampe pukul 18.00 WIB. Kita disana menikmati permainan yang ada disan, sewaktu disana turun hujan dengan tiba-tiba sehingga baju kita pada basah. Dan kita kembali menuju Asrama untuk istirahat. Waktu perjalanan menuju asrama, di jalan terjebak kemacetan yang memakan waktu begitu lama sampai di Asrama kita pukul 21.00 WIB.

Hari ke tiga, kita meninggalkan Asrama Haji Pondok Gedhe dan kita melanjutkan perjalanan menuju objek wisata yang berada di kota Bandung. Di kota Bandung objek yang kita kunjungi pertama yaitu di Museum Geologi. Disana kita bisa menemukan ratusan ribu koleksi batuan dan mineral, serta puluhan ribu koleksi fosil. Sebagian besar koleksi tersebut disimpan di ruang dokumentasi dan sebagian kecil dipamerkan di ruang peragaan yang terdiri dari Ruang Geologi Indonesia, Ruang Sejarah Kehidupan serta Ruang Geologi dan Kehidupan Manusia. Saat ini Museum Geologi sedang melaksanakan pengembangan Ruang Geologi dan Kehidupan Manusia. Kita juga diperlihatkan di Auditorium tentang film berdurasi 15-30 menit mengenai bumi dan perubahan didalamnya.
            Selanjutnya kita menuju ke Pasar Baru Cibaduyut untuk membeli oleh-oleh berupa souvenir. Harga barang di situ tidak begitu mahal. Tapi kita dikasih waktu hanya satu jam disitu karena kita juga akan pergi ke Gunung Tangkuban Perahu.

Objek wisata yang terakhir kita kunjungi yaitu di Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu artinya adalah perahu yang terbalik. Diberi nama seperti itu karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. Disana bau belerang yang tidak enak mengganggu para wisatawan yang sedang berwisata disitu juga udaranya sangat dingin. Kita juga foto-foto disana karena disitu pemandangannya bagus.

Lalu kita menuju ke pusat oleh-oleh untuk membeli buah tangan untuk keluarga kita. Lalu kita pulang ke Lasem, orang tua kita sudah pada menunggu di SMP 1 Lasem untuk menjemput kita. Akhirnya kita sampai di Lasem pukul 10.30 WIB dengan selamat.